Warga Batu Diasuransikan

Rabu, 20 November 2013 13:40:03 - Posting by redaksi - 214 views

Walikota Batu Eddy Rumpoko dan Kadinkes Kota Batu dr Endang Triningsih.

Pemkot Batu pada tahun depan akan membuat gebrakan baru. Masyarakat Kota Batu akan diasuransikan kesehatannya. Hal itu diungkapkan Walikota Batu Eddy Rumpoko pada saat memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 49 di halaman kantor Dinas Kesehatan Kota Batu, Selasa, (12/11) . Menurut dia pemberian asuransi itu sudah sesuai dengan amanat undang-undang.
"Pemberian jaminan kesehatan kepada masyaraka
t itu sesuai dengan undang-undang. Tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan pada tahun depan, hal itu akan terlaksana kalau disetujui oleh dewan,"kata Eddy Rumpoko
Pemberian jaminan kesehatan atau asuransi itu, kata dia, tidak serta merta semua masyarakat. Tetapi ada pilihan-pilihan tertentu. Sebagai tahap awal akan memberikan kepada kader kesehatan masyarakat di desa-desa.
Namun, kalau pelayanan kesehatan dan pemberian obat ke masyarakat Kota Batu dipastikan gratis. Pelayanan itu terdapat pada puskesmas-puskesmas yang tersebar di kota wisata ini.
"Untuk pelayanan kesehatan saat ini dan tahun depan tetap gratis tis tis,"kata Eddy Rumpoko yang biasa disapa ER ini.
Sementara itu, dr Endang Triningsih Kepala Dinkes Kota Batu menambahkan sebenarnya untuk memberikan jaminan kesehatan warga Batu sudah direncanakan. Terutama kader kesehatan, setidaknya setiap bulan mereka bisa dibayarkan preminya sebesar Rp 25 ribu per bulan.
Setidaknya dari penduduk Batu sebanyak 200 ribu itu bisa dibayarkan 40 persennya. Itu tercover dengan anggaran Rp12 miliar. Saat ini Dinkes sudah mempunyai Rp 8 miliar.
"Untuk bisa mencukupi tinggal menambah Rp 4 miliar. Saya kira ini bisa terealisasi,"kata dokter Endang ini.
.jun-KP

 

Tags # #batu #diasuransikan #warga