Nilai 60 Titik, Optimis Raih Adipura

Rabu, 20 November 2013 13:44:08 - Posting by redaksi - 258 views

Tahun 2014 nanti Kota Batu optimis mendapatkan penghargaan Adipura untuk skala kota sedang. Tim penilai tahap pertama (P1) Adipura sudah menilai 60 titik, beberapa waktu lalu. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Lingkungan Hidup, Kantor Kehutanan dan Lingkungan (KLH) Kota Batu, Wahyu Sri Prihantono, usai mendampingi tim penilai P1 di Batu.

Menurut dia secara umum kota ini sudah siap. Karena sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak atau leading sektor lainnya. Ia juga ungkapkan tim penilai P1 Adipura sudah melakukan penilaian di Kota Batu, Senin (11/11). Mereka terdiri 3 orang, antara lain dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Kementerian Lingkungan Hidup dan LSM Sahabat Lingkungan.
"Tahun ini ada titik pantau baru yang potensi dan dimasukkan, misalnya Hutan Kota dan TPA Tlekung. Tujuan titik pantau baru ini adalah untuk menguatkan penilaian, "kata Wahyu Sri Prihantono.
Ia menjelaskan bahwa, titik pantau yang dinilai meliputi
permukiman, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, RS/Puskesmas, perairan terbuka, terminal, taman kota/hutan kota, TPA, pemilahan sampah dan pengolahan sampah. Titik pantau yang dikunjungi Tim P1 selama sehari di Kota Batu, di antaranya TPA, Hutan Kota (eks stadion bondas ), alun-alun, salter Jalan Panglima Sudirman, KLH, Kantor DPRD, Pasar Besar Batu, SDN Temas 01, SDN Sidomulyo 01, SMPN 01, SMPN 03, SMAN 01 dan SMAN 02. Sekaligus Puskesmas Batu dan Puskesmas.
Menurut Wahyu, hasil penilaian tim P1 itu kemungkinan besar baru bisa diketahui pada bulan Mei 2014. Karena penganugerahan Adipura ini bersamaan dengan hari lingkungan hidup.
“Harapannya, pada saat itu Kota Batu bisa mendapatkan anugerah Adipura.  Setidaknya bisa menjadi penghibur pada saat ulang tahun kota ke 12,”kata Wahyu..jun-KP

 

Tags #adipura #nilai #optimis #raih #titik #60