Festival Sanduk Warnai Suroan

Kamis, 28 November 2013 12:43:19 - Posting by redaksi - 509 views

Wali Kota Eddy Rumpoko tampak ikut bergoyang menarikan sanduk.

Senin pekan lalu, sepanjang Jalan Gajahmada hingga Jalan Panglima Sudirman dipenuhi para penari Sanduk. Ribuan penonton dengan riang melihat gelaran yang bertajuk Festival Sanduk Kota Batu. Selain karena sebuah festival, gelaran itu juga sebagai peringatan suroan. Makanya, finish dari karnaval dan unjuk kebolehan dalam menari sanduk diakhiri di kawasan Songgoriti. Karena dipercaya oleh warga kota ini pusat sejarah kota ini berasal dari Songgoriti.

Dalam acara ini, yang menarik ketika rombongan melintasi depan balaikota Batu. Di depan balaikota itu, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dan Dewanti Rumpoko, Wakil Wali kota Batu Punjul Santoso dan Istri, serta Kajari Batu Meran sudah menunggu kehadiran para rombongan penari ini. Sembari menunggu rombongan Wali kota menyempatkan diri membaur dengan masyarakat yang akan menonton festival tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu, Mistin mengungkapkan pihaknya akan berusaha membuat kegiatan yang bisa menjadi sajian wisata. Seperti halnya tarian Sanduk ini, akan dikemas dan menjadi hiburan wisatawan.Ia juga katakan festival sanduk ini diikuti 25 grup sanduk yang tersebar di 3 kecamatan (Batu, Bumiaji dan Junrejo). “Kami akan berusaha, agar tarian ini bisa menjadi hiburan khas kota wisata ini,”kata Mistin..jun-KP

Tags #festival #sanduk #suroan #warnai